Pempek adalah makanan khas Palembang, Sumatera Selatan, yang terkenal di seluruh Indonesia. Makanan ini terbuat dari campuran tepung sagu, ikan tenggiri yang halus, telur, bawang putih, dan garam. Adonan kemudian dicetak dalam berbagai bentuk, seperti bola, panjang, atau bulat pipih. Setelah itu, pempek direbus dalam air mendidih dan disajikan dengan kuah cuka yang khas.

Pempek memiliki rasa yang gurih dan lezat, serta teksturnya yang kenyal dan chewy. Kuah cuka yang disajikan bersama pempek juga memiliki rasa yang asam dan manis yang segar, membuatnya menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati pada hari yang panas.

Asal usul pempek tidak diketahui secara pasti, namun konon makanan ini berasal dari pelaut Tiongkok yang tinggal di Palembang pada abad ke-16. Pelaut tersebut menciptakan makanan ini sebagai makanan praktis untuk dibawa dalam perjalanan laut yang panjang.

Pempek memang terkenal sebagai makanan khas Palembang, namun makanan ini sudah menjadi makanan favorit di seluruh Indonesia. Bahkan, ada beberapa varian pempek yang dibuat dengan tambahan bahan-bahan, seperti telur puyuh, udang, atau daging ayam.

Pempek juga sering dijajakan di pinggir jalan sebagai makanan ringan atau dijual di toko-toko makanan sebagai menu utama. Selain itu, pempek juga menjadi menu wajib pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau ulang tahun.

Bagi pecinta kuliner, pempek adalah makanan yang patut untuk dicoba. Rasanya yang gurih dan lezat, serta teksturnya yang kenyal dan chewy, membuat pempek menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal dan enak.

Whitney

By Whitney

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *