Bika Ambon adalah kue khas Medan yang terkenal di seluruh Indonesia. Kue ini dibuat dari campuran tepung sagu, telur, santan, dan gula merah. Bika Ambon memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta rasa yang manis dan gurih.

Asal usul Bika Ambon tidak diketahui secara pasti, namun konon kue ini berasal dari pulau Ambon di Maluku. Kue ini kemudian diperkenalkan dan populer di Medan, Sumatera Utara, dan menjadi salah satu kue khas dari daerah tersebut.

Proses pembuatan Bika Ambon cukup unik, karena adonan kue harus diaduk secara terus-menerus selama beberapa jam untuk membuatnya menjadi lembut dan kenyal. Setelah itu, adonan dibiarkan mengembang selama beberapa jam sebelum dipanggang dalam oven.

Bika Ambon biasanya dijual dalam bentuk bulat atau kotak, dan dapat dinikmati dalam dua varian rasa, yaitu original dan pandan. Selain itu, ada juga beberapa variasi rasa Bika Ambon yang lain, seperti cokelat, keju, atau kopi.

Bika Ambon menjadi salah satu oleh-oleh khas Medan yang populer di Indonesia. Kue ini bisa ditemukan di toko-toko kue dan oleh-oleh di seluruh Indonesia, bahkan bisa dibeli secara online. Selain itu, Bika Ambon juga sering menjadi menu wajib pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau ulang tahun.

Bagi pecinta kue, Bika Ambon adalah kue yang patut untuk dicoba. Rasanya yang manis dan lembut, serta teksturnya yang kenyal, membuat kue ini menjadi salah satu kue khas Indonesia yang patut diacungi jempol.

Whitney

By Whitney

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *